Wednesday, July 20, 2016

Berbagi Pengalaman : Seleksi Masuk PT Pelindo 3 (Persero) part 2

Assalamualaikum, post ini lanjutan dari post sebelumnya ya, bagi yang belum baca bisa di akses di link berikut ini : Berbagi Pengalaman : Seleksi Masuk PT Pelindo 3 (Persero) part 1

Nah mari langsung kita lanjutkan ke tahapan tes selanjutnya

TAHAPAN EMPAT : PSIKO TEST DAN INTERVIEW PSIKOLOG
Well, sejujurnya saya lupa jarak antara test ini dan test sebelumnya, yang jelas nggak lama sih apa seminggu apa dua minggu gitu, yang jelas nanti dilihat timeline-nya saja, karena Pihak dari panitia rekrutmenya sudah memberikan timeline pelaksanaan seleksi dan pengumumanya dan kalopun pengumumanya mundur nanti akan diberitahukan melalui website-nya, jadi rajin-rajinlah buka websitenya yah.
Nah, tes ini memakan waktu dua hari (oh ternyata beda beda tiap daerah, Semarang dua hari surabaya satu hari, entah kalo daerah yang lain yang jelas siap-siap dua hari aja), dimana hari pertama psiko test dan tes ini memakan waktu 4-5 Jam sekitaran segitu saya tes sampe magrib dari jam satu kayaknya. Tesnya banyak duh saya agak lupa nih, yang jelas berkaitan angka, gambar dan logika (yang kata kata itu) trus ada kreplin, terus ada yang b/s gitu mana yang paling mendekati. apalagi ya, ya gitu gitulah, point penting adalah makan yang banyak sebelum tes, karena tes ini sangat menguras tenaga dan kruyuk kruyuk itu sangat mengganggu konsentrasi.
Kemudian besoknya adalah tes wawancara psikolog berbeda dari tes sebelumnya tes ini tidak memakan waktu lama, kemudian yang ditanyain apa? ya beda beda sih tiap orang saya sendiri ditanyai terkait cv dan malah ngomongin film kesukaan yes we both (me dan interviewer) sama sama fans harry potter, jadilah interview ngomongin film.Well berhubung test went smooth bisa diprediksi kan untuk lolos ke test selanjutnya.

TAHAPAN LIMA : TES KESEHATAN
Yap, seperti yang sudah saya prediksikan sebelumnya kalo saya pasti akan lolos ke test selanjutnya memang benar terjadi, tes kesehatan ini diadakan di klinik atau rumah sakit milik Pelindo yaitu PHC, disemarang sendiri tempatnya agak dekat dengan daerah pelabuhan. Tes ini memakan waktu sekali karena harus ngantri dimana-mana, secara keseluruhan standar ya, mulai dari berat badan tinggi badan, minus atau buta warna enggak, oiya sama disuruh puasa untuk diambil darahnya, nanti habis makan juga diambil darahnya lagi, kemudian tes EKG atau rekan jantung, kemudian fisik dilihat juga, jadi cewek cowok dimasukan ke ruang terpisah gitu disuruh buka baju, sampe tinggal dalemanya aja, terus dicekin sama entah tes apa ya itu yang lututnya dipukul buat liat refleknya bagus apa enggak, sama ada satu lagi sepertinya yang saya lupa, total waktu sih lama dari jam 7 pagi antri kelar baru sekitar jam 3 sorean.

TAHAPAN ENAM : TES WAWANCARA USER
Oke, setelah lolos tes kesehatan sepertinya dua minggu kemudian (serius saya lupa berhubung sudah lebih dari dua tahun yang lalu) akhirnya pengumuman keluar, dan tes interview akhir ini dilakukan terpusat ya, di kantor pusat Pelindo 3 yaitu di Surabaya, waktu itu sih saya nginep di tempat adek kelas saya, sepertinya ada banyak penginapan kok di deket situ (kurang membantu ya kayaknya ini) tiap bidang di Interview berbeda dengan bidangnya, bahkan entry interview d3 dengan s1 saja berbeda sistem interviewnya, untuk kasus saya (Akuntansi Keuangan) saya di interview berdua oleh lima orang (mulai ragu ragu lima apa empat tapi sepertinya lima) orang akan bilang enak banget berdua, but trust me, ini nggak enak, karena jatohnya kayak saingan, gimana harus lebih bagus dari pada yang interview bareng kamu, ditanya banyak hal mulai dari hal umum, tentang cv, kegiatan akhir akhir ini, kenapa pengen masuk pelindo, sampai hal teknis yang berkaitan dengan akuntansi, iya semacam konsolidasi dan eliminasi. Waktu itu saya nggak belajar tentang hal teknis sih, tapi alhamdulillah masih inget aja pelajaran jaman kuliah yang itu, awal awal perkenalan pake bahasa inggris lama lama ngomong pake bahasa Indonesia juga sih. Saran saya sih sebelum kamu interview kamu harus bener bener baca tentang perusahaan tersebut, gampang perusahaan pasti punya web perusahaan dan bener bener dibaca, jadi jawaban kamu paling enggak inline lah sama visi atau misi perusahaan. Dan kamu juga harus lebih menarik dari saingan kamu, ada kasus dimana berdua sama sama lolos, untuk saya dan saingan saya, hanya saya yang lolos, saingan saya enggak.

begitulah tahapan tes masuk Pelindo 3, pengumuman dikeluarkan sekitar dua atau tiga minggu kemudian, dan  sebulan sebelum masuk orientasi perusahaan.
tahapan berikutnya akan lebih seru dari tahapan sebelumnya, iya karena kita rebutan sama orang orang yang udah lolos seleksi untuk diangkat jadi pegawai,
stay tune yaaaa
see yaaa

Tahapan berikutnya : Seleksi masuk PT Pelindo 3 (Persero) Part 3


3 comments:

  1. Boleh tanya utk tes kesehatan pelindo, ada spirometri atau yg berhubungan dgn paru2 gak ya

    ReplyDelete