Wednesday, September 28, 2016

Berbagi Pengalaman seleksi masuk PT Pelindo III (Persero) Part 3

Sebelumnya apabila belum sempat membaca post akan saya kasih link post seleksi masuk part sebelumnya:
Seleksi masuk PT Pelindo 3 (Persero) part 1
Seleksi masuk PT Pelindo 3 (Persero) Part 2

Oke setelah agak lama, kali ini saya mau membayar janji saya apa yang dilakukan setelah pengumuman interview akhir.
Sebulan setelah interview akhir kita disuruh berangkat ke Surabaya untuk mengikuti Pelatihan dasar, awalnya sih di kantor pusat sekitar setengah hari kemudian dibawalah kita ke tempat latihan militer TNI AL dua minggu pertama di PUSDIKDASMIL yang di Juanda, kemudian lanjut ke KOBANGDIKAL Bumimoro.

nah dua minggu awal ini bener-bener wajib militer banget pake baju item item ala militer gitu lengkap dengan sepatu bot yang berat dan jangan lupakan topi bodoh (iya ini kata pelatihnya namanya topi bodoh) topi militer yang terbuat dari besi itu lho, kerjaan kita apa? latihan PBB, Push up, pendidikan bela negara kayak biar nasionalis gitu lho, lari-lari guling guling dan yang lainya. Pokoknya tiap mau makan lari, mau sholat lari mau apa aja lari. Ini capek banget sih, dan tidurnya juga alakadarnya banget kayak jam 12 tidur jam 3 pagi udah bangun, jangan lupa untuk rajin nyuci baju seragamnya ya, harus rajin dicuci jangan ngarep ada laundry enak banget kamu pikir ini hotel, pendidikan ini ditujukan biar kamu mandiri, tidur di barak TNI gitu yang kasurnya tingkat dan satu ruangan ada sekitar 50 kasur tingkat. Nyamuknya banyak jangan lupa bawa lotion nyamuk.
Menurut saya ini berat sih, tapi kamu jangan males malesan jangan pura pura sakit, saya aja cewek sebisa mungkin untuk ikut tiap kegiatan, meskipun tiap mau lari siang saya tiba-tiba pusing (ini Sugesti) dan saya paksain lari alhamdulillah nggak pernah pingsan. Dan penilaian ini nantinya bakalan masuk di salah satu komponen dalam pengangkatan kamu sebagai pegawai.

Dua minggu berikutnya kita dipindah ke markas TNI Lagi eh bukan markas, kayaknya sih tempat Pelatihan juga kayaknya maaf ya udah lebih dari dua tahun lalu jadi agak lupa, nah disini udah nggak main fisik tapi tetep aja kemana- mana kamu baris, tetep bangun pagi buat senam pagi dan tetep ada apel malam dan apel pagi (buat yang cewek) *opini penulis, semacam nggak adil sih karena yang cowok nggak ada senam pagi dan apel apel* dan siang sampai sore dikasih presentasi tentang perusahaan dan kalo malem biasanya kita latian buat pensi diakhir acara. oke kita skip ya.

Setelah dua minggu berlalu dan setelah pensi juga besoknya kita dibawa ke kantor pusat dan disana dibagikan SK Penempatan. Dan Jeng-jeng saya dapet Tanjung Intan yang ada di Cilacap, katakanlah saya orang Jawa Tengah tapi saya baru tahu kalo Cilacap itu ada di Jawa Tengah ya gara-gara saya penempatan disana, saya pikir selama ini ada di Jawa Barat loh, maklum yah, di SMA IPA itu nggak ada geografi (ngeles abis).

Nah dalam OJT ini kita tugas yaitu bikin KKI atau karya tulis dan ujian prajabatan, KKI ini isinya bisa apa aja, kalo bisa sih kamu kasih ide atau kasih perbaikan untuk prosedur yang belom ada atau yang sudah ada tapi kurang atau bisa kamu mau bikin sistem baru gitu boleh-boleh aja yang nantinya dipresentasikan di depan 5 Senior Manager dari bidang yang berbeda dari kantor pusat (well senior manager emang cuma ada di kantor pusat). Nah kalo yang Ujian prajabatan itu lebih ke materi yaudah dikasihin ke kita selama di KOBANGDIKAL jadi ujianya 4 hari satu hari kalo nggak salah 4 atau lima mata pelajaran gitu, agak banyak dan jadi kurang tidur sih.

Udah sih eh sama satu lagi komponen penilaianya yaitu penilaian individu, penilaian ini didasarkan dari perilaku kamu pernah telat enggak, rebel enggak dll. Yang jelas semua komponen saling berkesinambungan sih, saran saya lakukan yang terbaik, meskipun temen temen saya yang nggak lolos OJT (alias nggak lolos pengangkatan) pada akhirnya toh diangkat juga meskipun harus ngulang bikin KKI dan presentasi lagi dan cuma beda bulan pengangkatan pegawai doang tapi tetep nggak ada salahnya untuk melakukan yang terbaik.

Well Good luck buat yang mau ikutan daftar, sekarang lagi rame seleksi Pelindo 1, sejujurnya saya nggak tahu apakah sama atau enggak prosesnya karena saya sendiri cuma pernah ikut seleksi Pelindo 3, tapi apapun itu mau kamu daftar pelindo 1,2,3 ATAU 4 semoga berhasil jangan lupa berdoa

15 comments:

  1. terimakasih udah share pengalamannya, sangat membantu😊

    ReplyDelete
  2. Terimakasih atas ceritanya mbak, sangat memberi gambaran buat saya yang kebetulan baru keterima di Pelindo 1, dan bulan depan akan
    mulai Kesamaptaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good luck, sorry banget baru bales, gimana sekarang? udah diangkat jadi pegawai?

      Delete
  3. Mba kalau sudah penempatan gitu apa dlm wktu dekat bisa berpindah2 kerja ke area pelindo lainnya?

    ReplyDelete
  4. Mba kalau sudah penempatan gitu apa dlm wktu dekat bisa berpindah2 kerja ke area pelindo lainnya?

    ReplyDelete
  5. Mba mau tanya, pas daftar Pelindo 3 lewat jalur pkwt atau bagaimana? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf saya telat bales, saya masuk jalur pegawai tetap mas, terakhir open recruitment tahun 2014 dan sejauh ini sampai tahun 2018 belum ada recruitment lagi, yang ada pelindo 2 sedang ada open recruitment mas

      Delete
  6. Jajakillah khairon sudah share pengalamannya,,
    Pelindo 2 saat ini sedang open rekrutmen.

    ReplyDelete
  7. good luck ya, semoga tulisan saya bisa membantu walaupun hanya sedikit

    ReplyDelete
  8. Aamiin, InsyAllah ini membantu.

    ReplyDelete
  9. Makasih banyak ya kak Fara.. Ini sangat bermanfaat buat saya

    ReplyDelete
  10. Makasi banyak ya kk
    Saya sedang menigikuti seleksi pelindo 3 dan sudah sampai tahap psikotes
    Saya daftar pada bagian enginering

    ReplyDelete
  11. Terimakasih kak suadah berbagi pengalamannya, sehat dan sukses selalu buat kk 😊

    ReplyDelete