Thursday, July 4, 2013

The Balance Sheet Law

Post sebelumnya kan ngait-ngaitin antara dating dan auditing di post kali ini saya ngaitin persamaan dasar akuntasi sama moto hidup ehh sama kehidupan maksudnya,
persamaan dasar yang dimaksud adalah (gila ini bahasanya udah kayak skripsi aja)
Asset = Equity + Liability
ini anak semester satu dan nggak harus anak akuntansi aja kayaknya ngerti sama persamaan dasar ini.
apa sih artinya
tau kan balance sheet itu harus balance? jaman dulu ada guyonan pas ngerjain soal balance sheet yang bilang balance itu belum tentu bener tapi kalo nggak balance udah pasti salah, nah sama kayak hidup sob, hidup itu harus BALANCE.
terus nih, anggap kita itu Asset, kalo mau bagus biasanya kan mau assetnya tinggi, nah aset tinggi itu berasal dari modal (diri kita sendiri) dan hutang (dari orang lain), artinya kita itu NOTHING tanpa orang lain, bisa sih asset = equity doang dan nggak pake hutang, tapi dengan bantuan hutang asset kita bakalan lebih tinggi, otomatis mestinya operasi perusahaan juga lebih baik dong ya, biar bisa meluas kemana-mana.
tapi sama kayak di finance, perusahaan bakalan dianggap agak bahaya kalo prosentase hutang terlalu besar dan modal kita cuma sedikit, ancaman bangkrut gede itu sob, sanggup nggak bayar bunga-nya? nyicil ngelunasin hutangnya?
paling baik adalah proporsi antara modal sama hutang itu harus proporsional.
kita juga kayak begitu.




dari kemaren lagi akuntansi edition nih hahaha, nggak ngerti, ada aja dikait-kaitin, suka maksa sebenernya, tapi make sense kan ya? jadi biarin aja :p.

Akhirnya setelah dua hari seharian ujan dan mendung, hari ini matahari mau nampakin diri.
dan jadwal sidang belum keluar juga, kalo kemaren-kemaren deg-degan, dari semalem bawaanya nyantai banget kayak udah lega gitu dan nggak ada tanggungan, padahal  sidang dan kompre belum dijalanin, dan justru itu tujuan dari ngerjain skripsi selama ini,-__-, jadi kewajiban sekarang mestinya belajar buat kompre, mantepin skripsi, tapi malah.......
bahaya nih....

No comments:

Post a Comment